Kamis, 14 Februari 2019

Mie Hitam Tinta Cumi Homemade (Homemade Black Noodles)

Langsung saja tanpa basa-basi anda boleh mengaplikasikan makanan Mie Hitam Tinta Cumi Homemade (Homemade Black Noodles)


Yang paling saya sukai dari mie ini adalah karena buatan sendiri, lebih aman dikonsumsi karena tanpa bahan pengawet. Bahan dasar mie nya saya lihat dari sajian sedap sedangkan mie gorengnya resep pribadi. Mari kita lihat cara membuatnya :

Bahan:

250 gr tepung terigu protein tinggi

50 gr cumi

3 bh tinta cumi (saya pakai tinta cumi dari 500 gr cumi, warnanya pekat sekali^^)

75 gr tepung sagu

1 btr telur ayam

1 sdt garam

Taburan (ayak):

50 gr tepung terigu protein tinggi

1 sdm tepung sagu (saya tidak pakai)

Cara membuat:

1. Blender/haluskan cumi dan tinta sampai halus.

2. Aduk bahan sampai bergumpal. Diamkan 15 menit.

3. Bila memakai alat penggiling, giling tipis di gilingan mi ketebalan no. 8 (paling tebal no. 1), potong dengan pemotong mi, tabur dengan bahan taburan.

Kalau saya setelah didiamkan 15 menit, adonan dimasukkan ke dalam plastik kaca ukuran besar, ikat ujungnya, lipat.

Injak-injak dengan tumit, buka plastik dan lipat adonan, injak kembali, ulangi langkah tersebut hingga 3-4 kali agar warna lebih merata dan adonan menjadi lembut.

Keluarkan adonan, giling tipis, taburi terigu, gulung lalu iris-iris dengan pisau tajam.

4. Didihkan 1000 ml air dan 1 sdt minyak goreng. Masukkan mie. Rebus sampai matang (kalau saya sampai mengapung semuanya, aduk-aduk dan biarkan 5 menit, angkat dan tiriskan). Mie siap diolah menjadi mie goreng ataupun mie kuah.

Ref : [  https://www.kaskus.co.id/thread/532b00b61f0bc3b76d8b4595/agan-agan-mau-coba-mie-tinta-cumi/ ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar